Lantamal V Bareng Pemprov Jatim Renovasi 867 Rumah

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Sebanyak 867 rumah beberapa kabupaten di kawasan pesisir Jawa Timur akan mendapatkan Program Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (red_Rutilahu) dari TNI Angkatan Laut ditahun 2019.

Diantaranya Rutilahu yang direnovasi yakni Kabupaten Probolinggo 60 unit, Pasuruan 100 unit, Lamongan 84 unit, Tuban 26 unit, Banyuwangi 115 unit; Situbondo 65 unit, Jember 30 unit, Malang 25 unit Trenggalek 50 unit, Tulungagung 32 unit, Blitar 30 unit dan Pacitan 50 unit

Sedangkan untuk wilayah Madura terdapat tiga Kabupaten diantaranya Bangkalan 31 unit, Sampang 10 unit, Pamekasan 159 unit.

Hal ini terlaksana atas kerjasama antara TNI Angkatan Laut dengan Pemprov Jawa Timur sebagai Karya Bakti TNI Angkatan Laut tahun 2019 dalam Program Rutilahu atau disebut RTLH.

Upacara Peresmian Karya Bakti TNI AL menandai dibukanya Program Renovasi RTLH kerjasama Lantamal V- Pemprov Jatim untuk kali ke-6 yang dipusatkan di alun-alun Kota Soto, Rabu (21/08/2019) pagi kemarin.

“Rumah Tinggal Layak Huni atau sering saya sebut RTLH merupakan program rumah tidak layak huni menjadi rumah tinggal layak huni. Program ini menjadi bagian penting yang tidak hanya sekedar merenovasi supaya rumah itu layak huni tapi lebih penting dari itu menjadi rumah sehat. Baiti jannati, rumahku surgaku,”terang Gubernur Jawa Timur Dra.Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si kepada sejumlah awak media saat didampingi Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H, CHRP.

Dia menjelaskan Program RTLH ini menjadi bagian dari penuntasan stunting di Jawa Timur. Karena menurutnya, persoalan tidak hanya persoalan asupan gizi, namun juga soal hidup sehat.

Kriteria rumah yang mendapat bantuan diantaranya berlantai tanah, dinding rumah dari bilik bambu, rumah belum memenuhi standart kesehatan, tanah milik sendiri, dan tidak memiliki aset lain serta pemilik rumah berpenghasilan dibawah upah minimum regional (UMR).

“Persyaratan-persyaratan tersebut menjadi penting agar yang dibangun memang diatas tanah sendiri,” imbuh Khofifah.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono, S.H, CHRP menyampaikan, program Karya Bakti TNI AL renovasi RTLH ini dilaksanakan empat satuan pelaksana dijajaran Lantamal V.

“Untuk Lanal Batuporan untuk wilayah Bangkalan, Pamekasan dan Sumenep, Lanal Banyuwangi mencakup wilayah Banyuwangi, Probolinggo, Jember dan Pasuruan,” kata Danlantamal V.

Kemudian Lanal Malang, lanjutnya, mencakup wilayah Malang, Trenggalek, Tulungagung, Blitar dan Pacitan, sedangkan Dispotmar Lantamal V mencakup Kabupaten Lamongan dan Tuban

“Program ini merupakan bentuk sinergi yang positif dalam melayani masyarakat kurang mampu, terutama melalui RTLH,”pungkasnya (huda/pendim0812).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan