Membiasakan Hidup Sehat, Warga Mungli Kecamatan Kalitengah Bangun Satu Wastafel Untuk Satu Rumah

KiLASMETRO,LAMONGAN-Banyak cara untuk menuju hidup sehat. Misalnya di Desa Mungli Kecamatan Kalitengah, warga di desa tersebut warga membangun wastafel di setiap depan rumah warga.

Pembangunan wastafel itu bertujuan  agar  masyakarat  membiasakan hidup sehat dengan  mencuci tangan dan kaki,  terutama saat hendak masuk maupun keluar rumah.

Camat Kalitengah, Sudjirman Sholeh mengatakan cara ini sangat efektif mencegah berbagai penyakitm seperti  penyakit infeksi, penyakit menular infeksi saluran pernapasan atas atau ispa,  tuberkulosis hingga  diare.

“Ini merupakan satu-satunya di Indonesia untuk meningkatkan kualitas  hidup dengan terus menjaga kesehatan, mencuci tangan dan kaki sebelum masuk rumah dan keluar rumah” kata Sudjirman Sholeh, saat membuka kegiatan kampanye cuci tangan pakai sabun,kemarin.

Menurutnya, beginilah cara dinas kesehatan Kabupaten Lamongan dalam meningkatkan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Gerakan yang  mengedepankan upaya promotif dan preventif ini  tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan anak-anak serta dewasa” ungkap Sudjirman Sholeh.

Warga terutama anak-anak diajarkan cara mencuci  tangan yang benar,  mulai mengosok jari hingga membersihkan kuku dari kotoran dengan sabun.

Di sisi lain, Ridho Ustadho, petugas Puskesmas Kalitengah menegaskan mencuci tangan dengan air mengalir diaggap sangat penting dalam mencegah adanya penyakit.

“Seperti  mencegah  infeksi,   mencegah penyakit menular infeksi saluran pernapasan atas  atau ispa/  mencegah adanya penyakit kanker dan diabetes” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Mungli, Sumiarsih, berharap adanya gerakan tersebut akan menggugah masyarakat untuk hidup sehat.

“Kami akan mengajak anak serta suami untuk memulai hidup sehat dengan berperilaku mencuci tangan pakai sabun di wastel yang ada di depan rumah” pungkasnya.

Dalam upaya menciptakan gerakan masyarakat sehat   tersebut, Pemerintah Desa Mungli mulai membangun wastafel di depan rumah warga dan fasilitas umum,  seperti sekolah dan  balai desa. Dan agar progam ini cepat berjalan,  air yang digunakan untuk wastafel ini langsung dialirkan dari sumber air masing-masing warga yang berjumlah 240 unit. (Kilasmetro)

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan