Dandim 0812 Berikan Wasbang Mahasiswa Baru STIEKHAD Lamongan

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN
Dengan mengusung tema Menuju Generasi Emas Yang Berwawasan Pancasila Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0, Sabtu (31/08/2019) Dandim 0812/Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, SH., M.Tr.Han memberikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru STIEKHAD, saat menggelar Masa Ta’aruf Mahasiswa (Mastama).

“Wawasan kebangsaan merupakan konteks kehidupan bernegara dan berbangsa yang didasari kesatuan, kedaulatan dan pembentukan karakter bangsa. Dan Bela Negara, merupakan hak dan kewajiban bagi setiap warga negara,”kata Letkol Inf Sidik Wiyono, SH., M.Tr.Han.

Letkol Sidik menuturkan, karakter bangsa merupakan tata nilai budaya dan keyakinan yang mengedepankan dalam kebudayaan suatu masyarakat dan memancarkan ciri khas keluar, sehingga dapat ditanggapi oleh masyarakat.

“Marilah kita kembalikan jati diri bangsa Indonesia yang ramah, sopan dan beretika, jangan pernah kita lupakan jati diri kita semua karena itu merupakan tanggung jawab kita bersama,”ajaknya.

Menurutnya, wasbang (wawasan kebangsaan) harus diperkokoh dikalangan pemuda dalam menghadapi proxy.

“Warga Indonesia tidak akan menghadapi invasi militer, karena negara kita bukan musuh dunia. Namun tidak berarti Indonesia baik dan aman-aman saja, musuh kita bukan negara tetapi proxy war (Miras, Gedget/Medsos, Pergaulan bebas dan Narkoba),”ujarnya.

Lebih lanjut, Dandim 0812 menyampaikan, deradikalisasi adalah tindakan preventif kontra terorisme atau strategi untuk menetralisir faham yang dianggap radikal dan membahayakan dengan cara pendekatan tanpa kekerasan yang bertujuan untuk mengembalikan para aktor yang terlibat pemahaman radikal untuk kembali ke jalan pemikiran yang moderat.

Oleh karena itu, imbuh Letkol Sidik, seluruh warga harus bijaksana dalam menggunakan medsos karena dapat membuat suatu negara maju dan juga dapat menghancurkan suatu negara.

“Kita patut bersyukur dan berdoa atas segala Rahmat yang diberikan kepada kita, ingatlah tidak ada manusia yang hidup kekal abadi semua akan kembali kepada sang pencipta,”tegasnya.

Sementara, Ketua Panitia Mastama STIEKHAD Darianto SE., MM menyampaikan Mastama merupakan kegiatan institusional yang dilaksanakan oleh STIE KH Ahmad Dahlan (STIEKHAD) untuk memperkenalkan kampus kepada mahasiswa baru.

“Selain itu, Mastama juga bertujuan untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur pimpinan universitas, fakultas, mahasiswa dan unsur-unsur lainnya yang terkait,”pungkas Darianto SE., MM mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0812/Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, SH., M.Tr.Han juga mendapatkan cindera mata dari ketua panitia. (huda/pendim0812).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan