Serius Rubah Mental Kapitalis, Mantan Ketua PC NU Ambil Formulir Bacabup 2020 Lewat PDI-P

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Merasa yakin bisa merubah Lamongan menjadi lebih baik serta mendapatkan restu dari Ulama dan para sesepuh NU, mantan Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama / PCNU Lamongan, Drs.K.Bi’in Abdussalam memastikan diri maju di Pilkada 2020 melalui gerbong partai PDI Perjuangan.

Hal ini ditunjukkannya saat mengambil formulir pendaftaran penjaringan untuk maju di Pilkada Lamongan 2020 di kantor DPC PDI Perjuangan dengan didampingi istri dan beberapa tim suksesnya, Sabtu (7/9/2019) siang.

“Kita maju lewat partai manapun sudah mendapatkan restu dan dukungan dari Kyai dan sesepuh NU. Karena NU kan milik bersama jadi tidak ada alasan untuk tidak direstui,”kata Drs.K.Bi’in Abdussalam kepada sejumlah awak media.

Bi’in menyampaikan, sudah mempersiapkan jauh-jauh hari termasuk faktor psikologi, karena keinginannya kuat untuk merubah Lamongan menjadi lebih baik.

“Dari visi tersebut, ada enam partai yang memiliki kesamaan untuk bersinergi. Sampai dengan hari ini enam partai tersebut sudah berkomunikasi tinggal apakah akan merespon dengan kami,”ujar pria yang masih menjabat sebagai pengurus harian NU.

Dia juga mendambakan ada Calon Wakil Bupati siap mendampinginya yang memiliki figur berenergi, muda, dan visioner. Dan yang pasti harus memiliki visi yang sama.

“Kita berharap figur Cawabup tersebut memiliki perimbangan geografis. Dalam arti kami dari Lamongan wilayah selatan, dia dari wilayah utara,” paparnya.

Meski dari partai PDI, lanjut Bi’in, hanya mengajukan dua calon saja, tetap optimis bisa maju di Pilkada 2020. Karena pihaknya juga berusaha merubah mental kapitalis.

“Jika kami dipercaya, maka kedepan akan mensejahterakan masyarakat Lamongan dengan menggali potensi yang ada,”pungkas pria yang mengambil formulir penjaringan pertama kali di DPC PDI-P Lamongan.

Sementara, Sekretaris DPC PDI-P, Reso Supranoto mengatakan, bahwa Drs.K.Bi’in Abdussalam yang pertama kali mengambil formulir pendaftaran penjaringan Calon Bupati di Pilkada 2020.

“Pak Kyai, orang pertama yang mendaftarkan sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) dengan Nomor Formulir: 35.24-01/01 melalui partai PDI Perjuangan,”ungkap Reso Supranoto.

Dia menjelaskan, secara normatif kriteria dari partai PDIP itu sederhana, yang pasti harus sesuai dengan perundang-undangan Pemilukada serta kriteria internal partai.

“Elektabilitas, rekam jejak, dan aksebilitas merupakan salah satu dasar dalam menyimpulkan calon, selain itu kita juga sudah melakukan survey tokoh-tokoh yang bersifat internal partai sejak tanggal 04 September lalu,”terangnya.

Semua tokoh-tokoh yang memiliki elektabikitas kuat di Lamongan yang mulai bermunculan, menurutnya, sudah dilakukan survey dikesempatan pertama. Termasuk tokoh dari pantura yakni Sholahudin, karena survey dari partai itu terbuka.

Selain itu, Reso menyampaikan, bahwa partai tidak bisa mencalonkan sendiri maju di Pilkada 2020. Karena PDIP hanya memperoleh 16% kursi di DPRD Lamongan, oleh sebab itu membutuhkan koalisi dengan partai lainnya.

“Namun yang menjadi parameter koalisi partai itu harus komitmen, sedangkan untuk calon yang paling utama adalah elektabilitas sebagai dasar,”tegasnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua DPC PDI-P Lamongan Saim,SPd menyampaikan melakukan penjaringan tokoh-tokoh Cabup dan Cawabup untuk maju di Pilkada 2020 yang dimulai tanggal 05 September hingga 14 September mendatang.

“Kami melakukan penjaringan calon dengan kriteria yang mampu memakmurkan warga dan memimpin Lamongan lebih baik lagi. Tentunya harus memiliki kesamaan visi dan misi serta ideloginya sama dengan PDIP,”terangnya beberapa waktu yang lalu. (huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan