Mereka Sepakat Pilkades Serentak Aman, Damai Dan Bermartabat

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Apel gelar pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades serentak sebanyak 385 desa di 27 kecamatan dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 897 orang tahun 2019 di Kabupaten Lamongan yang di gelar di alun-alun Kab Lamongan, Sabtu (14/09/2019).

Dalam apel pergeseran pasukan yang diikuti TNI, POLRI ,Satpol PP Dan Limnas dan sebagi pimpinan apel Bupati Lamongan H. Fadeli dengan di damping Dandim 0812 Lamongan dan Kapolres Lamongan.

“Apel pergeseran pasukan ini, dalam rangka pengamanan tahap pungut dan hitung suara pilkades serentak di Lamongan tahun 2019 dengan jumlah TPS 385”, kata Bupati Fadeli dalam sambutannya.

Fadeli berharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, sehingga dapat memberikan rasa aman kepada panitia penyelenggara , calon kepala desa serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan jernih sesuai hati nurani.

“Sehubungan dengan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala desa serentak kabupaten Lamongan tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (15/09/2019) besuk sebanyak 385 desa di 27 kecamatan dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 897 orang”, ujarnya.

Lebih lanjut, Fadeli menambahkan, Polres Lamongan dan jajarannya beserta instansi terkait, harus selalu siap siaga melaksanakan pengamanan tempat pemungutan suara selama 3 hari padahal min 1 sampai dengan + 1 atau mulai tanggal 14 September sampai dengan 16 September mendatang.

“Tahapan tahapan yang perlu mendapatkan perhatian antara lain tahapan penetapan DPT, kampaye, pungut dan hitung. Agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan aman dan lancar. Saya menghimbau semua pihak ikut peran aktif menghindari terjadinya gesekan maupun konflik antar pendukung guna untuk mewujudkan kerukunan, kebersamaan, persatuan dan kesatuan”, pungkasnya.

Berdasarkan hasil mapping kerawanan tempat pemungutan suara pada pemilihan kepala desa serentak Kabupaten Lamongan tahun 2019 terdapat 17 TPS atau desa masuk dalam kategori sangat rawan, 109 desa rawan dan selebihnya 257 TPS atau Desa dalam kategori kurang rawan.

Dalam hal ini Polres Lamongan menerapkan pola pengamanan pada tempat pemungutan suara sebagai berikut; pada TPS sangat rawan menggunakan pola 6 Polri, 2 TNI, 2 Satpol PP dan 10 Linmas untuk mengamankan 1 TPS/Desa, pada TPS rawan menggunakan pola 4 Polri , 2 TNI, 2 Satpol PP dan 10 linmas untuk mengamankan satu TPS/Desa, sedangkan pada TPS kurang rawan menggunakan pola 2 Polri, 2 TNI, 2 Satpol PP dan 10 linmas untuk mengamankan satu TPS/Desa. (huda/pendim0812).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan