Desa Kuluran Mengalami Peningkatan Hasil Panen, Sejak Gunakan Padi Setara

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Bertepatan dengan memperingati Hari Tani Nasional 2019 yang jatuh pada tanggal 24 September, Pemerintah Desa Kuluran bersama Forkopimcam Kalitengah melaksanakan Panen Raya.

Sudarto, selaku perwakilan dari Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Lamongan mengatakan, hasil uji coba bibit padi jenis Setara di wilayah Kecamatan Kalitengah tahun ini cukup baik.

“Padi jenis Setara ini kembali diuji coba di wilayah Kecamatan Kalitengah. Dan kali ini di Desa Kuluran hasilnya juga cukup signifikan. Dari satu hektar sawah, para petani bisa panen padi sekitar 10 – 12 ton”, ujar Sudarto, Selasa (24/09/2019).

Para petani, jelas Sudarto, juga merasakan perbedaan jika menggunakan jenis atau varietas setara. Karena hasil panen mereka mengalami peningkatan dibandingkan menggunakan varietas lain.

“Uji coba padi jenis Setara bisa berjalan lancar di desa ini, karena selain berdekatan Bengawan Solo, aliran irigasi Desa Kuluran juga berfungsi dengan baik meski sebagian besar Lamongan mengalami kekeringan akibat kemarau berkelanjutan”, terangnya.

Sementara, Camat Kalitengah Sudjirman Sholeh menyampaikan, padi jenis Setara tahun lalu sudah pernah uji coba di Desa Blajo. Hasilnya juga sama dengan di Desa Kuluran.

“Jika dilihat panen kali ini, kita berharap padi jenis Setara bisa di gunakan oleh seluruh desa se-Kecamatan Kalitengah. Namun sebelum semua petani menggunakan bibit ini. Pengkajian akan tetap kita lakukan lebih lanjut, agar mereka bisa menikmati panen secara maksimal kedepannya”, kata Camat Sudjirman.

Di sisi lain, Kepala Desa (Kades) Kuluran Acmad Syafik, menyampaikan, sebagain besar warganya sudah menggunakan padi jenis Setara.

“Panen raya ini dilaksanakan agar bisa memberikan motivasi kepada warga petani yang belum menggunakan padi jenis Setara. Sehingga hasil panen padi mereka bisa meningkat seperti kali ini”, ucapnya.

Syafik panggilan Achmad Syafik, berharap, para petani Desa Kuluran turut serta melakukan inovasi agar bisa menjadi petani profesional. “Sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga”, pungkasnya.

Kegiatan Panen Raya yang dikemas makan-makan bersama selain Pemdes Kuluran dan warga desa juga hadir Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan yang diwakili Sudarto. Sedangkan dari Forkopimcam turut serta mengikuti kegiatan tersebut diantaranya, Camat Kalitengah Sudjirman Sholeh, Danramil 0812/21 Kapten Inf Sumaji, Kapolsek Kalitengah yang diwakili Aiptu Agus, Sekcam Kalitengah Sukri dan Kasi Ekbang Heri Nurachman. (tris/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan