Bersama Lembaga Desa Dan Masyarakat Perbaiki Tandon Air Bersih Milik Desa Pengangsalan

Proses perbaikan tandon air bersih Desa Pengangsalan (Foto : Sutrisno )

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Pemerintah Desa Pengangsalan, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan bersama lembaga desa dan masyarakat memperbaiki tembok tandon air bersih milik desa karena mengalami rusak. 

“Begitu terjadi kerusakan pada dinding tandon tersebut, kami langsung menghubungi pak Abdurrahman selaku Plh Kepala Desa (Kades) Pengangsalan yang saat itu ada acara pelatihan bersama Pemdes se-Kecamatan Kalitengah di Bali”, ujar Jumali, salah satu warga Desa Pengangsalan saat ditemui awak media KilasMetro.com. 

Jumali mengatakan, kemudian Pemdes bersama lembaga desa, Ketua RT, dan tokoh masyarakat mengadakan musyawarah untuk perencanaan perbaikan kerusakan tandon tersebut. 

“Dan hasilnya, hari ini (red_Sabtu kemarin) perbaikan tandon mulai dikerjakan dengan melibatkan warga sekitar. Jadi menurut kami Pemdes tidak melakukan pembiaran”, ungkapnya. 

Jika masyarakat merasa kelimpungan, dia menyampaikan, bukan hanya warga Desa Pengangsalan saja. “Saat ini kan musim kemarau, bahkan warga desa lain juga merasakan hal yang sama adanya kemarau yang berkepanjangan. Ditambah kondisi sumur dan Bengawan Solo airnya juga surut”, jelasnya. 

Sementara, Abdurrahman selaku Plh Kepala Desa (Kades) Pengangsalan membenarkan, adanya kegiatan perbaikan tembok tandon air bersih milik desa. 

“Tandon itu kami perbaiki pada Sabtu (12/10/2019) kemarin karena bagian temboknya rusak. Dan perbaikan ini juga sudah melalui proses musyawarah dengan lembaga desa dan masyarakat yang diwakili beberapa ketua RT”, kata Abdurahman, Senin (14/10/2019).

Perbaikan ini, diharapkannya, bisa terselesaikan dan tandon dengan tinggi 2 meter tersebut bisa kuat  dan kokoh untuk menahan debit air yang cukup banyak. 

“Apalagi sebentar lagi datang musim penghujan. Semoga dengan adanya perbaikan ini memberikan manfaat secara maksimal kepada warga Desa Pengangsalan”, ucapnya. 

Ridwan Hadi, selaku pendamping desa bagian teknis infrastruktur Kecamatan Kalitengah menyampaikan, tandon tersebut dibangun pada tahun 2017 menggunakan anggaran dana desa. 

“Terlaksananya perbaikan tandon tersebut berkat terjalinnya komunikasi yang baik antara Kades, Lembaga Desa dan masyarakat Desa Pengangsalan”, papar Hadi saat dihubungi melalui sambungan seluler. (tris/huda). 

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan