Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat Bangun Rutilahu

KilASMETRO COM, LAMONGAN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0812 Lamongan mengajak masyarakat Kabupaten Lamongan untuk ikut membangun rumah tidak layak huni (Rutilahu) yang saat ini masih banyak tersebar di sejumlah kecamatan.

Diharapkan dengan adanya kepedulian dari masyarakat, akan menjadikan permasalahan tempat tinggal yang tidak layak bisa lebih diminimalisasi di Kabupaten Lamongan.

Komandan Kodim (Dandim) 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S. H. M. Tr. Han, mengatakan saat ini di Kabupaten Lamongan terdapat ratusan rumah tidak layak huni yang masih ditinggali pemiliknya karena permasalahan ekonomi.

“Permasalahan tersebut tidak bisa hanya mengandalkan dari pemerintah daerah saja untuk proses percepatan perbaikan, namun masyarakat juga bisa berkontribusi secara nyata”, ujar Dandim Letkol Inf Sidik Wiyono, Senin (04/11).

Rutilahu yang akan direnovasi.

Untuk mengatasi permasalahan Rutilahu di Kabupaten Lamongan ini, pihaknya mengajak masyarakat mau ikut berkontribusi nyata, dan saat ini memang ada beberapa gerakan yang mengarah kesana.

“Namun tentunya untuk lebih mempercepat, maka masyarakat lainnya pun bisa ikut bersama lebih peduli dan mau membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah”, katanya.

Dandim mengungkapkan jajarannya sendiri di beberapa kecamatan melalui anggotanya menginisiasi program rehab rutilahu yang dananya berasal dari Pemerintah atau kelompok masyarakat. Ia mencontohkan, program rehab rutilahu yang dilakukan di wilayah Koramil, dimana yang menginisiasinya adalah Danramil dan Babinsa.

“Program tersebut tentunya digulirkan dari semangat persatuan dan kebersamaan juga kepedulian yang muncul dari jiwa prajurit dan masyarakat sekitarnya. Saya yakin program tersebut tidak akan bisa selesai jika rasa kepedulian itu tidak ada”, terangnya.

Anggota jajaran Kodim 0812 Lamongan bahu-membahu turut renovasi Rutilahu.

Karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat agar mau lebih peduli lagi. Dan memaknaimya tidak harus mengeluarkan materi dengan jumlah yang banyak. Namun juga bisa dilakukan dengan hal lainnya. Sekecil apapun bentuk kepedulian yang bisa dilakukan atau dikeluarkan, ucapnya, jika bersama-sama digerakan maka akan berjumlah besar, baik dari sisi materi atau tenaga.

Dandim menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah melakukan pendataan di wilayah masing-masing Koramil untuk mengetahui jumlah Rutilahu melalui para Babinsa. Jika kemudian Koramil yang ada di wilayah bisa melakukan perbaikan, maka pihaknya pun akan memberikan dukungan kekuatan untuk proses pembangunannya.

“Jika setelah dilakukan pendataan masih terkendala dengan materi, maka kita juga akan melakukan penggalangan dana agar bisa dilakukan pembangunan. Kita tentu akan berupaya membantu rakyat semaksimal yang bisa kita lakukan, karena seyogyanya kita ini berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Jadi TNI harus bermanunggal dengan rakyat”, tegasnya. (pendim0812/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan