Predikat WBK Diraih, Polres Lamongan Komitmen Tingkatkan Inovasi Bersinergitas

Kapolres Lamongan AKBP Feby DP Hutaglung, SIK MH saat pimpin apel komitmen mempertahankan predikat WBK menuju WBBM, Senin (04/11) pagi.

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Wilayah Jawa Timur paling banyak menerima predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari pemerintah. Dan Polres Lamongan merupakan salah satu diantaranya yang sudah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). 

Meski demikian institusi kepolisian di Kabupaten Lamongan tersebut  terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik dan berkomitmen menuju predikat WBBM. Dengan begitu, pihak kepolisian tersebut selalu berharap semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat.

“Dari sejak tahun 2017, kita memberanikan diri untuk mendaftar sebagai Polres predikat Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Kemudian dalam kurun waktu satu tahun kita terus berjuang dan berusaha untuk memperbaiki infrastruktur dan pelayanan”, ujar Kapolres Lamongan AKBP Feby D.P Hutagalung, S.I.K, M.H kepada awak media, Senin (04/11) pagi. 

Polres Lamongan Apel Komitmen Bersama dalam rangka Mempertahankan predikat WBK menuju WBBM di halam Mapolres, Senin (04/11).

Menurutnya, usai mengggelar Apel Komitmen Bersama dalam rangka mempertahankan predikat WBK menuju WBBM, tentunya untuk meraih dan mempertahankan hal itu memerlukan komitmen dan konsekuensi pimpinan menjadi teladan dan role model (red_percontohan) bagi anggota untuk tidak melakukan pelanggaran.  

“Tak hanya itu saja, kita juga harus bisa memberikan contoh bagaimana bersosialisasi dengan masyarakat dan komunitas. Diantaranya melaksanakan kegiatan mendatangi tokoh-tokoh agama dan berbagai kegiatan sosial”, jelasnya. 

Dari segi pelayanan, AKBP Feby menambahkan, pihaknya memperbaiki infrastruktur untuk meningkatkan layanan. “Kita ketahui bersama bahwa pelayanan SPKT Polres Lamongan sudah satu pintu dan berbasis IT. Serta pelayanan SIM dan lalu lintas semuanya sudah kita ciptakan kondisi senyaman mungkin untuk masyarakat”, bebernya. 

Oleh karena itu, dia bersama seluruh anggota Polres Lamongan akan terus berupaya meningkatkan dan memperbaiki pelayanan agar masyarakat lebih nyaman. Sehingga system calo dan pungutan diluar ketentuan tidak mungkin ada.

Kapolres Lamongan

“Bersyukur sampai dengan saat ini, kita masih tetap menyandang predikat WBK. Selanjutnya kita akan menuju predikat WBBM. Perlu kita ketahu bahwa predikat ini merupakan satu gred diatas WBK. Sekali lagi Polres Lamongan akan memberanikan diri untuk mendaftar”, aku polisi berpangkat melati dua. 

Feby juga menyampaikan berita membanggakan bagi anggota, karena pihaknya akan mendapatkan distribusi anggaran insentif atau tunjangan kinerja dari pemerintah yang berbeda dari Polres lain walaupun tidak signifikan. Hal itu dibuktikan adanya surat keputusan dari Menteri Keuangan kepada Polri. 

“Meski nilainya insentif antara 100 -200 ribu setiap bulan, tapi hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan membanggakan karena berbeda dengan Polres lain yang tidak menyandang predikat WBK agar mereka termotivasi untuk menjaga budaya melayani yang berbasis pendekatan, santun, ramah, modern dan transparan”, ucap Feby dengan bangga. 

Sesuai dengan komitmen yang mereka ikrarkan bersama. Dia berharap siapapun nanti pimpinannya (red_Kapolres) hal ini harus tetap berjalan sesuai dengan sistem sehingga nantinya bisa menjadi budaya untuk melayani dan pimpinan akan menjadi role mode. 

Untuk meraih predikat WBBM dengan WBK upayanya hampir sama. Namun ada beberapa hal yang memerlukan peningkatan inovasi dalam hal sinergitas. ” Diantaranya terwujudnya aplikasi yang menunjukkan sinergitas antara Kejaksaan, Lapas, Pengadilan dan Polri. Sehingga nantinya koordinasi dengan mereka tanpa harus bertatap muka, karena sudah ada basis teknologi yang mengcovernya”, pungkasnya. 

Penyematan PIN Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi kepada anggota oleh Kapolres Lamongan AKBP Feby D.P Hutagalung, S.I.K, M.H

Dalam gelar apel tersebut Kapolres Lamongan AKBP Feby D.P Hutagalung, S.I.K, M.H juga menyematkan PIN Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi secara simbolis kepada anggotanya. (huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan