Suhandoyo Janjikan Lima Hal Seluruh Seniman Lamongan

Ir. Suhandoyo bersama Seniman Lamongan di Wego, Minggu (17/11)

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Eksistensi dan kehadiran kesenian tradisional sangatlah penting untuk mewadahi kreatifitas anak bangsa. Namun kesenian tersebut dalam menunjukkan kehadirannya masih banyak yang terkendala dengan legalitas, pembinaan maupun event-event tingkat regional maupun nasional.  

Hal ini menarik perhatian dari Ir. Suhandoyo. S.P untuk berkeinginan menumbuh kembangkan kesenian tradisional dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku seni atau seniman di Kabupaten Lamongan.

“Seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya, bahwa pemimpin harus memiliki ide atau gagasan,  sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam segala bidang. Dan salah satunya adalah kesenian tradisional Lamongan”, ujar Ir. Suhandoyo usai mengadakan Musyawarah Budaya Pastala (Paguyuban Seniman Tradisional Lamongan) di Wego Lamongan, Minggu (17/11) kemarin.

Suhandoyo mengatakan, agar eksistensi dan kehadiran kesenian tradisional Kabupaten Lamongan baik tingkat lokal maupun nasional, politisi senior PDI-Perjuangan menjanjikan lima hal kepada para seniman jika nantinya terpilih sebagai Bupati Lamongan di Pilkada 2020 mendatang.    

Ratusan seniman Lamongan dari kalangan seni Reog, Jaranan dan Campursari.

 “Mempercepat ijin atau legalitas paguyuban seniman, memberikan dana pembinaan satu tahun sekali setiap paguyuban, mengadakan gebyar seni dan budaya setiap tahun dan mengikutkan kesenian dan budaya Lamongan di tingkat lokal maupun nasional”, kata pria yang juga Ketua Penasehat DMI (Disabilitas Motorcycle Indonesia) Jawa Timur.

Selain itu, mantan DPRD Provinis Jawa Timur menambahkan, para seniman bakal mendapatkan pelatihan-pelatihan khusus sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda atau milenial Lamongan.

Disinggung mengenai kesenian selain Reog, Jaranan dan Campursari, Suhandoyo menuturkan, semua kesenian di Lamongan baik hadrah, batik dan lainnya, pihaknya siap untuk memajukan dan menumbuh kembangkan. “Ya, semua seni dan budaya yang ada di Lamongan harus kita tingkatkan potensinya termasuk para pelakunya”, tandasnya.

Sementara, Mbah Pangat seniman Reog yang ada di Lamongan menuturkan, seniman Lamongan sebenarnya memiliki potensi besar. Bahkan bulan kemarin mereka juga di undang oleh Gubernur Jawa Timur untuk mewakili Kabupaten Lamongan di tingkat nasional.

Mbah Pangat / Raja Setan menyatakan siap mendukung Ir Suhandoyo jadi Bupati Lamongan

“Bulan kemarin, para seniman jaranan Lamongan di undang Bu Khofifah untuk mewakili Lamongan di acara tingkat nasional. Aku mung njaluk nek Pak Suhandoyo dadi Bupati Lamongan lan kudu iso makmurne lan ngopeni seniman Lamongan, nganti suloyo bakal tak krakoti dengkule (red_Saya hanya minta Bapak Suhandoyo menjadi Bupati Lamongan serta harus bisa memakmurkan dan mensejahterahkan seniman Lamongan, jika ingkar janji maka tak gigit lututnya)”, tegas pria yang sering kali dipanggil Raja Setan. ( huda ).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan