Perjuangan Kadet Suwoko Tak Mungkin Terlupakan Di Lamongan

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Dalam memperingati nilai-nilai pejuang para pahlawan dan HUT Kodam V Brawijaya yang bertempat di Tugu Kadet Soewoko, Desa Gumantuk, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur telah dilaksanakan Gerak Jalan Napak Tilas Perjuangan Kadet Soewoko tahun 2019.

Adapun rute yang dilewati sekitar kurang lebih 24 KM dimulai Start dari Desa Gumantuk – Desa Ngayung -Desa Porodeso – Desa Sungegeneng – Desa Sengelebak – Desa Pucangro – Desa Balunggatel -Desa Wedoro – Desa Turi – Desa Tawangrejo – Desa Karangploso – Desa Gabus – Desa Balun – Desa Sarirejo – Jalan Pahlawan – Jalan  Basuki Rahmad – Jl. Mastrip – Sport Senter Lamongan/Finish.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga M. Muhadjir SH.M.S, selaku Ketua panitia menyampaikan, bahwa kegiatan lomba gerak jalan napak tilas perjuangan Kadet Soewoko dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pahlawan tahun 2019 dengan tujuan melestarikan nilai-nilai perjuangan tahun 1945, menumbuhkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air.

“Kegiatan napak tilas Kadet Soewoko yang di hadiri 1000 orang dan diikuti sebanyak 170 regu, terdiri dari 90 putra dan 80 putri peserta diikuti dari berbagai unsur yaitu TNI, Polri, OPD, LSM, Organisasi Pemuda, Ormas, Mahasiswa dan Pelajar serta warga masyarakat Lamongan dengan jarak yang ditempuh sekitar 24 km”, ujar M.Muhadjir, Sabtu (23/11).

Sementara Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han dalam sambutannya menyampaikan peserta gerak jalan semakin meningkat dengan semangat Kadet Soewoko semangatnya adalah semangat berjuang yang gugur di daerah Desa Gumantuk.

Penyerahan bendera merah putih dan bendera perjuangan oleh Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han kepada peserta gerak jalan.

“Dengan semangat perjuangan kita sejahterakan masyarakat Kabupaten Lamongan dan semangat perjuangan untuk mengawal negeri pada tahun yang lalu.  Jangan sia-siakan perjuangan pahlawan kita yang telah gugur, dalam mempertahankan NKRI di Kabupaten Lamongan.” mari kita kawal negeri ini sampai titik darah penghabisan”,  kata Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han.

Kegiatan diilanjutkan penyerahan bendera Merah Putih dan Bendera Perjuangan Kadet Suwoko oleh Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf. Sidik Wiyono SH., M.Tr. Han kepada regu kehormatan dari Kodim 0812 Lamongan dan di lanjutkan pemberangkatan peserta gerakjalan. (pendim0812/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan