PWI -TNI Dan Petani Bersatu Melawan Hama Tikus

PWI-TNI dan Petani dengan menggandeng Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Lamongan grebek tikus, Senin (10/12).

KiLASMETRO.COM, LAMONGAN – Hama tikus yang mendera petani daerah Kecamatan Pucuk menjadi perhatian bersama. Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Lamongan , TNI Kodim 0812 Lamongan dan para petani bersatu melawan hama tikus. 

Itu di lakukan tidak lain sebagai upaya pengendalian sebelum masa tanam yang akan di lakukan oleh para petani. 

Dengan menggandeng Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Lamongan, para petani diberikan teknis pengobatan massal di area sawah untuk hama tikus.

“Grebek tikus merupakan inisiasi kami wartawan yang tergabung dalam PWI. sebagai upaya membantu para petani untuk menghadapi permasalahan hama tikus yang semakin mewabah”, kata Ketua PWI Lamongan, Bachtiar Febrianto di Balai Desa Paji , Selasa (10/12).

Mas Febri , sapaan akrab Bachtiar Febrianto menjelaskan, dengan menggandeng anggota Kodim 0812 Lamongan dan Dinas setempat kami bersatu dan bersinergi dalam upaya serius ini sebagai persiapan memamsuki masa tanam yang akan dilakukan para petani.

“Wabah hama tikus sejak tahun lalu dan tahun 2019 ini , keberadaan tikus menyebabkan hasil panen para petani menurun. Untuk itu kita bersama melakukan kegiatan gerebek tikus”, ujarnya.

Lebih jauh Ketua PWI yang merupakan sarjana pertanian ini memaparkan, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Pers Nasional yang tepatnya nanti pada tanggal 9 Pebruari 2020, kami sudah melaksanakan beberapa kegiatan diwilayah lain.

“Selain itu, kita juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui bahwa wartawan dapat bermanfaat kepada masyarakat, apabila ada wartawan yang meresahkan masyarakat itu adalah wartawan abal – abal dan wartawan yang tergabung dalam PWI jumlahnya sangat sedikit sedangkan oknum yang mengaku sebagai wartawan jumlahnya banyak”, terangnya.

Di tempat yang sama , Sekretaris Dinas Tanaman, Holtikultura dan Perkebunan Anton Sujarwo menegaskan, perlu adanya kebersamaan agar tidak ada kesempatan bagi tikus untuk berkembang biak. “Mengingat Lamongan sendiri merupakan hasil beras tertingi se – Jatim”, ucap Anton Sujarwo.

Ia menjelaskan, gerebek tikus kerjasama antara Kodim 0812/Lamongan dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 ini adalah inisiatif yang bagus.

“Apresiasi kepada Pemdes Paji, ini merupakan kegiatan paling kompak marilah kita laksanakan kegiatan ini dengan kebersamaan dan semangat gotong royong”, paparnya

Anton mengakui jika Pengendalian hama tikus hampir merata di lakukan di seluruh kecamatan se-Kabupaten Lamongan. “Sejauh ini gerakan pengendalian hama tikus kita lakukan secara merata dan kita lakukan secara bersama – sama”, tandasnya.

Sementara Kasdim 0812/Lamongan Mayor Arh G.N Putu Ardana, S.S menyampaikan permohonan maaf kepada panitia, atas ketidakhadiran Dandim dalam kegiatan grebek tikus yang dilaksanakan saat ini karena beliau ada kegiatan di Jakarta. 

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan gerebek tikus, marilah kita tetap jaga kekompakan ini agar setiap kegiatan yang kita laksanakan dapat tercapai sesuai dengan yang kita harapkan”, kata Mayor Arh G.N Putu Ardana, S.S.

Pihaknya berharap kegiatan ini bukan sebagai seremonial saja, namanya grebek tikus yang menggerebek harus lebih banyak daripada yang digrebek, sehingga hasilnya maksimal.

“Ini merupakan pelajaran kepada kita semua bahwa kita harus mencintai lingkungan, dengan merebahnya hama tikus berarti ada ekosistem yang tidak seimbang contohnya ular dan barung hantu yang banyak diburu oleh masyarakat”, ungkapnya. 

Penyerahan obat tikus secara simbolis oleh Mayor Arh G.N Putu Ardana, S.S keoada Ketua Gapoktan Tani Makmur Desa Paji

Kegiatan ini, Kasdim menambahkan, dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, contohnya di Kabupaten Gresik. Dimana kegiatan seperti ini dilombakan. “Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Paji”, pungkasnya.

Sebagai simbolis di mulainya alsi grebek tikus, penyerahan obat tikus diberikan secara langsung oleh Mayor Arh G.N Putu Ardana, S.S kepada Ketua Gapoktan Tani Makmur Desa Paji Mulyono. (pendim0812/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan