Meski Sempat Memanas Pilkades Sumberejo Tetap Dilanjutkan

Bupati Lumajang Thoriqul Haq M.ML, bersama Kapolres dan Dandim 0821 Lumajang

KiLASMETRO.COM, LUMAJANG – Bupati Lumajang Thoriqul Haq M.ML, bersama Kapolres dan Dandim 0821 Lumajang datang ke Desa Sumberjo, Kecamatan Candipuro setelah mendengar laporan dari panitia dan forkopimca Candipuro yang sempat memanas.

Untuk memastikan pelaksanaan Pilkades tetap dilanjutkan, terkait permasalahan Pilkades desa Sumberjo,yang akhirnya mendapat kepastian hukum, Rabu (18/12) dini hari.

“Saya bersama Kapolres dan Dandim telah musyawarah dan menelaah seluruh pertimbangan. Forkopimda telah menimbang beberapa hal berkenaan dengan pertimbangan. Baik secara keberlangsungan pemerintahan maupun aspek hukum telah ditelaah dengan seksama”, ujar Bupati Thoriqul Haq M.ML.

Atas pertimbangan tersebut, Cak Thoriq panggilan akrab dari Thoriqul Haq M.ML, berkeputusan untuk tetap melaksanakan Pilkades di Sumberejo.

Satu persatu, panitia dikonfirmasi langsung oleh Bupati, Kapolres dan Dandim. Seluruh panitia melaporkan kondisi persiapan terakhir. Termasuk juga Kapolsek dan Danramil juga ditanya kondisi di desa yang kabarnya sempat memanas. Dilaporkan situasi desa kondusif untuk digelar Pilkades.

Didepan panitia, camat, Kapolsek dan Danramil, Bupati menegaskan, pertimbangan utama bahwa keputusan melanjutkan Pilkades Sumberejo ini untuk kepentingan umum. Pun juga untuk jalannya pemerintahan yang termaktub dalam aturan perundang-undangan dan aturan pemerintahan. Sebab, Pilkades serentak ini mengikuti prosedur pelaksanaan serentak.

“Kalau tidak dilaksanakan besok, akan ikut Pilkades serentak tahun berikutnya, atau beberapa waktu akan datang. Kalau ditunda, maka akan ikut Pilkades serentak 2 tahun lagi”, katanya.

Dengan begitu konsekwensinya, Cak Thoriq menyampaikan, maka akan ada kevakuman pemerintahan definitif di Sumberrejo. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap tata kelola pemerintahan yang baik.

Karena itu, sebagai kepala daerah, Cak Thoriq menambahkan, persiapan Pilkades yang sudah matang ini untuk dilanjutkan. Sekaligus mempertebal dan memprioritaskan pengamanan.

“Pak Dandim juga memberikan perhatian khusus pada desa sumberejo”, ucapnya yang disanggupi Dandim.

Sementara, Camat Candipuro, Imam Chomsani mengatakan, pelaksanaan Pilkades di Desa Sumberrejo telah siap 100 %, dan sudah dinyatakan siap untuk dilaksanakan pemungutan suara sesuai dengan aturan.

“Terkait kondisi keamanan wilayah ini sudah kondusif, walaupun ada gangguan – gangguan yang disampaikan oleh calon yang tidak lolos administrasi”, tandasnya (end)

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan