Masyarakat Plosowahyu Dukung Program Penghijauan

Kepala Desa Plosowahyu Agus Santoso bersama warga dan seluruh elemen masyarakat dukung program penghijauan dan penanaman pohon di ruas jalan nasional, Kamis (09/01) pagi.

LAMONGAN, kilasmetro.com – Sebagai wujud sinergitas dengan TNI-POLRI di wilayah Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan, Pemerintah Desa (Pemdes) Plosowahyu turut mendukung program penghijauan dengan mengikuti acara penanaman 230 pohon jenis mahoni di ruas kanan – kiri jalan nasional, Kamis (09/01).

Kegiatan program penghijauan itu dipimpin oleh Danramil 0812/01 Kota Lamongan Kapten Taruji dengan didampingi Kapolsek Kota Lamongan Kompol Budi Santoso dihadiri sekitar 100 orang.

Diantaranya, Camat yang diwakili Kepala Satpol PP Lamongan Kota, Kepala Desa Plosowahyu, Ketua BPD Plosowahyu, Perangkat Desa Plosowahyu, Ketua RT/RW, warga masyarakat, anggota PSHT, menwa Unisla, Pramuka dan Pemuda Panca Marga.

Kepala Desa Plosowahyu Agus Susanto, mengapresiasi program penghijauan dari Kodam V Brawijaya dan program penanaman pohon yang dicanangkan oleh Kapolri sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Yang mengikuti kegiatan program penghijauan dan penanaman pohon mahoni di ruas kanan-kiri jalan nasional, Kamis (09/01) pagi.

“Desa Plosowahyu sangat senang dan mendukung adanya program program penghijauan dari Kodam V/Brawijaya dan program penanaman pohon yang dicanangkan oleh Kapolri”, kata Agus Santoso.

Agus berharap, penanaman pohon mahoni di ruas kanan-kiri jalan nasional, Desa Plosowahyu kedepan bisa tampak hijau dan sejuk. “Kita juga berangan-angan ingin memiliki destinasi wisata sesuai dengan visi misi desa ke depan. Jadi semuanya akan kita sinergikan untuk meraih target tersebut”, ujarnya.

Sementara, Danramil 0812/01 Kota Lamongan Kapten Taruji, mengungkapkan, bahwa dirinya datang bersama anggota sebagai wujud sinergitas dan mendukung program penghijauan dari Kodam V/Brawijaya di ruas kanan-kiri jalan nasional.

“Penyelenggaraan program penghijauan dari Kodam V/Brawijaya dengan menanam pohon berarti ikut menjaga kelestarian ekosistem di bumi”, ucap Kapten Taruji didampingi Kompol Budi Santoso saat membuka acara penanaman pohon mahoni di Balai Desa Plosowahyu, Kecamatan Lamongan.

Menurutnya, karena lewat penghijauan, udara akan menjadi bersih sebab pohon merupakan penghasil oksigen yang digunakan makhluk hidup untuk bernapas.

“Apalagi saat ini musim hujan sudah datang dengan intensitas yang tinggi, perlu diwaspadai potensi bencana, khususnya banjir. Program Penghijauan ini adalah salah satu solusinya”, imbuhnya.

Diwaktu yang sama, Kapolsek Kota Lamongan Kompol Budi Santoso mengucapkan terima kasih kepada Pemdes Plosowahyu, Danramil 0812 Kota Lamongan dan   yang telah hadir ikut serta mendukung program penghijauan dengan menanam 230 pohon mahoni di ruas kanan kiri jalan nasional.

“Ini juga membuktikan wujud sinergitas TNI-POLRI dengan Pemerintah setempat dan elemen masyarakat di wilayah hukumnya, bersama-sama peduli dan memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar yang juga merupakan program dari Bapak Kapolri, sehingga akan membawa manfaat bagi semuanya”, jelas Kompol Budi Santoso.

Kompol Budi menuturkan, seperti yang disampaikan Bupati Lamongan Fadeli saat Apel Satgas Penanggulangan Bencana, bagaimana meminimalisir dampak dan potensi bencana banjir salah satunya yakni dengan program penghijauan.

“Program penghijauan ini merupakan pencegahan dini adanya dampak dan potensi bencana banjir. Selain itu juga meningkatkan udara segar, mengurangi polusi udara. Dengan didukung pemerintah desa setempat dan elemen masyarakat, kami berharap program ini bisa memberikan manfaat untuk kedepannya”, pungkasnya. (tris/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan