1700 Bidang Tanah SHM Dari PTSL Desa Sumurgenuk Diserahkan Warga

Proses penyerahan 1.700 SHM bidang tanah melalui program PTSL kepada warga Desa Sumurgenuk.

LAMONGAN, kilasmetro.com – Pemerintah Desa Sumurgenuk, Kecamatan Babat bersama ATR-BPN Lamongan, telah menyerahkan 1.700 bidang SHM (Sertifikat Hak Milik). Dari 2200 bidang tanah permohonan masyarakat yang ikut program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung) di Tahun 2019 baru 77 % yang telah diserahkan ke warga Desa Sumurgenuk.

Ketua Pokmas PTSL Desa Sumurgenuk Siswo Budiono mengatakan, dari 2.200 pemohon sangat mengapresiasi dan bangga sekali adanya program PTSL, karena memberikan keuntungan dan manfaat yang lebih kepada mereka.

“Masyarakat sangat antusias menyambut adanya program PTSL, dari 2.200 bidang tanah yang sudah diajukan ke ATR/BPN Lamongan, sebanyak 1.700 bidang tanah SHM yang telah diserahkan kepada warga Desa Sumurgenuk”, ujar Siswo Budiono kepada awak media, Senin (20/01).

Menurutnya, selama proses sebelum terbitnya sertifikat, warga merasa tidak pernah dipersulit oleh Pokmas. “ Mulai dari proses sosialisasi, pengumpulan berkas permohonan program PTSL sampai terbitnya sertifikat, mereka merasa dipermudah. Bahkan mereka merasa di untungkan dengan adanya program PTSL”, imbuhnya.

Sementara, Kepala Desa Sumurgenuk Supa’at menyampaikan, terima kasih kepada panitia PTSL yang telah membantu pelayanan terbaik kepada warga desa setempat hingga bisa memperoleh bukti kepemilikan atas bidang tanah mereka.

“Kami sampaikan terima kasih kepada panitia. Terkait program PTSL yang ada di desa kami itu sudah menjadi program sejak Januari tahun lalu, kemudian pada bulan Maret disosialisasikan. Sebanyak 2.200 bidang tanah yang diajukan sebelum Pilkades kemarin dan biaya yang dikeluarkan untuk program PTSL, warga merasa sangat murah bahkan mereka mereka manfaat yang lebih”, ungkap Supa’at.

Aba Pa’at panggilan Supa’at mengatakan, untuk saat ini yang terpenting sebanyak 1.700 bidang tanah Desa Sumurgenuk telah memiliki sertifikat. “Untuk sisanya sejumlah 500 bidang masih menunggu, karena proses penyelesaian sertifikatnya diserahkan bertahap oleh BPN”, tandasnya.

Disisi lain diwaktu yang sama, Camat Babat Mulkan, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat atas adanya program PTSL, sehingga bisa menyelesaikan banyak masalah yang ada di daerah.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Desa dan Ketua Pokmas Sumurgenuk yang telah menyerahkan sertifikat kepada warganya. Terlebih lagi kami sampaikan  kepada pemerintahan Bapak Jokowi karena adanya program PTSL akan dapat menyelesaikan masalah yang ada di daerah khususnya Lamongan. Mudah-mudahan yang masih dalam tahapan proses di ATR/BPN Lamongan secepatnya bisa selesai dan diserahkan kepada warga Desa Sumurgenuk”, pungkasnya. (tris/huda/amrullah).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan