KPU Lamongan Gelar Simulasi Penerimaan Berkas Paslon Independen, Ini Tujuannya

Kantor KPU Kabupaten Lamongan

kilasmetro.com, LAMONGAN – KPU Kabupaten Lamongan menjelang penerimaan berkas persyaratan dukungan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati jalur independen, menggelar simulasi teknis penerimaan berkas dukungan.

Disampaikan Ketua Komisioner KPU Lamongan, Mahrus Ali bahwa simulasi penerimaan berkas dukungan Paslon untuk mempersiapkan teknisnya agar prosesnya  nanti berjalan dengan lancar.

“Simulasi ini salah satunya untuk mempersiapkan kesesuaian atau kesingkronan berkas dukungan bagi Paslon yang maju Pilkada dari jalur independen”, kata Mahrus Ali, Selasa (18/02).  

Menurutnya, dengan simulasi tersebut diharapkan akan dapat meminimalisir adanya kesalahan serta dapat mengantisipasi terjadinya miss komunikasi dalam proses penyerahan berkas dukungan.

“Untuk itu kita coba lebih proaktif agar bagaimana tahapan yang akan kita lakukan itu sesuai dengan ketentuan yang ada melalui simulasi”, terangnya.

Anggota KPU Lamongan menggelar simulasi penerimaan berkas dukungan paslon jalur independen, (18/02)

Mahrus juga menyampaikan, pada tahapan penyerahan berkas bagi paslon yang maju Pilkada Lamongan 2020 melalui jalur independen akan dimulai tanggal 19 – 23 Pebruari 2020 nanti.

Sedangkan untuk berkas yang harus diserahkan oleh paslon independen diantaranya berkas B1 KWK (berkas dukungan paslon yang ditempeli e-KTP atau Suket Kependudukan), dan berkas B1.1 KWK (berkas rekap dukungan paslon dari B1 KWK), serta berkas B2 KWK (Berkas rekap persebaran jumlah dukungan separuh lebih dari jumlah kecamatan di Kabupaten).

“Tahapannya paslon independen harus menginput data dukungan terlebih dahulu melalui aplikasi Silon KPU, kemudian penyerahan berkas dukungan yakni, B1 KWK, B1.1 KWK, dan B2 KWK”, ungkapnya.

Berdasarkan data yang sudah masuk di KPU Lamongan hingga saat ini ada dua paslon independen yang meminta pasword Silon KPU Lamongan, Kedua Paslon tersebut adalah Paslon Suhandoyo -Suudin, dan M Yasin – Tarpin.

“Pantauan petugas KPU Lamongan saat ini sudah ada sekitar 92 ribuan data dukungan yang sudah terinput oleh Paslon Suhandoyo-Suudin, untuk paslon satunya masih belum menginputnya”, tandasnya. (bha/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan