Gelar RAT, Upaya Kembangkan BUMDes Sentosa Abadi Desa Waruk

Pengurus BUMDes Sentosa Abadi, Kepala Desa Waruk dan Camat Karangbinangun usai menggelar RAT, Rabu (19/02)

kilasmetro.com, LAMONGAN – Pemerintah Desa Waruk, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur beserta para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sentosa Abadi menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ,yang bertempat di Kantor Desa, Rabu (19/02).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Waruk Husni, S.Ag,  Camat Karangbinangun Jhony Idrianto Firmansah, S.STP, M.Si, anggota BPD dan masyarakat desa setempat.

Rapat tersebut mengagendakan penyampaian laporan pertanggung jawaban tahunan, bahwa selaku pengurus yang diberi kepercayaan mengelolah lembaga ekonomi desa,  tentunya sudah menjadi kewajiban untuk menyampaikan hal hal yang dilakukan di tahun 2019.

“Tak hanya itu, RAT juga mengagendakan evaluasi program, sekaligus langkah yang akan diambil ke depan dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan unit usaha yang ada di BUMDes Sentosa Abadi”, kata Ketua Pengurus BUMDes Mohamad Mustain

Mustain menjelaskan, bahwa apa yang di lakukan belum bisa memuaskan semua pihak, tetapi tetap berupaya melakukan yang terbaik. Karena tanpa kerjasama dengan semua unsur kelembagaan dan warga masyarakat Desa Waruk dari apa yang menjadi mimpi bersama, sulit untuk di capai.

“Sampai  akhir tahun 2019 BUMDes Sentosa Abadi  telah mengelola 3 (tiga) unit usaha yang ke semuanya telah berhasil memberikan PAD (Pendapatan Asli Desa) meskipun belum mencapai target dalam tahun ini. Semoga ke depan BUMDes ini mampu mengalami peningkatan dan mencapai target”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Waruk Husni, S.Ag mengatakan,  BUMDes diharapkan dapat menjadi lembaga ekonomi yang menjadi kunci untuk memicu pergerakan ekonomi desa ke depan.

“Karena didalamnya terdapat aspek pemberdayaan secara utuh, tidak hanya pemberdayaan ekonomi, melainkan juga pembangunan kelembagaan, penguatan kapasitas SDM dan pengembangan jejaring ekonomi. Inilah yang menjadi tujuan  BUMDes Sentosa Abadi untuk bisa menjadi pelopor kemajuan ekonomi desa”, ungkap Husni,, S.Ag.

Dengan melakukan penggalian potensi, sambung Husni, sebelum ditentukan unit usaha apa yang cocok untuk itu BUMDes mendirikan beberapa unit usaha yaitu Unit Usaha Simpan Pinjam, Unit Persewaan Alat Pertanian  dan Unit Usaha Air Bersih.

“Alhamdulilah dengan ketiga jenis usaha tersebut BUMDes Sentosa Abadi di tahun 2015 bisa membuat harum nama desa, karena mendapat Juara 2 tingkat Provinsi dan mampu menggerakkan ekonomi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tandasnya.

Sementara, Camat Karangbinangun Jhony Idrianto Firmansah, S.STP, M.Si, mengharapkan adanya peningkatan BUMDes Sentosa Abadi dan memperbanyak unit usaha.

“Dengan didirikannya Warung LA, kebutuhan warga Desa Waruk bisa tercukupi tanpa harus datang ke kota. Oleh sebab itu mari kita sama-sama dukung keberadaan BUMDes ini.  Karena keberdaan BUMDes di suatu desa justru sangat penting khususnya dalam meningkatkan sektor perekonomian yang berdampak pada kesejahteraan, sebenarnya BUMDes ini sangat penting dan sangat meringankan  beban masyarakat”, pungkasnya. (tris/huda/k.amrullah).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan