Kades Sukosongo Ajak Warganya Senantiasa Jaga Kebugaran Tubuh Dan PHBS

Kepala Desa Sukosongo Akhmad Zainal Arifin saat melakukan penyemprotan disinfektan bersama jajaran forkopimcam, Jumat (20/03).

kilasmetro.com| LAMONGAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Sukosongo, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kebugaran tubuh dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari virus corona atau Covid-19.  

Kepala Desa (Kades) Sukosongo Akhmad Zainal Arifin mengatakan, virus corona yang menjadi perbincangan dunia tersebut sudah merenggut nyawa umat manusia di Indonesia, meski masih dikategorikan rendah. Dan untuk mencegah mewabahnya virus tersebut, pihaknya mengadakan senam bersama di halaman kantor desa, Jumat (20/03), untuk menjaga kebugaran tubuh.

“Adanya penyebaran virus corona tersebut, kita menghimbau warga desa agar tidak mudah cemas, karena akan menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun sehingga mudah terserang penyakit. Oleh karena itu saat ini kita mengajak warga desa senam bersama jajaran forkopimcam untuk menjaga kebugaran, sehingga daya tahan tubuh kita akan bisa senantiasa meningkat”, ujar Kades Akhmad Zainal Arifin kepada awak media kilasmetro.com.

Senam pagi bersama untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tak hanya senam bersama, sambung  Zainal panggilan Akhmad Zainal Arifin, yang dilakukan pihaknya di pagi hari ini tapi juga melaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat keramaian seperti masjid dan kantor desa. “Untuk penyemprotan disinfektan, kita juga di bantu dari pihak Kecamatan, Puskesmas, Koramil, dan Kepolisian setempat”, katanya.

Lebih lanjut, Zainal menambahkan, pihaknya juga memberikan sosialisasi cara pencegahan virus corona COVID-19 secara sederhana yakni agar mencuci tangan dengan air yang mengalir, gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi yang seimbang dengan memperbanyak makan sayur dan buah serta istirahat yang cukup. “Agar tidak panic, warga juga kami himbau untuk tidak mudah percaya terhadap informasi hoax yang berkembang terkait virus corona. Dan ikuti informasi dari pemerintah dan pihak terkait”, tandasnya.

Sementara, Camat Kembangbahu Arifin, Spd, M.M menyampaikan, bahwa kegiatan senam pagi bersama di Desa Sukosongo baru pertama kali dilaksanakan itupun atas permintaan dari Kades Sukosongo.

“Semoga senam bersama ini bisa kita lakukan bergilir di beberapa desa di Kecamatan Kembangbahu, agar masayrakat tahu akan pentingnya kesehatan. Apalagi sekarang kita di hadapkan pada virus namanya Covid-19.Virus yang gampang sekali menular”, ucap Camat Arifin.  

Arifin menjelaskan, penyebaran virus Corona seperti yang beredar luas di media cetak maupun elektronik menimbulkan kecemasan yang luar biasa di masyarakat. Untuk itu pihaknya mengajak masyarakat Kecamatan Kembangbahu untuk tetap waspada namun tidak panik dan secara bersama-sama melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus tersebut dengan membiasakan PHBS terutama di lingkup rumah tangga dan lingkungan sekitar.

“Kepanikan tidak akan membantu menyelesaikan masalah, yang harus dilakukan adalah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, baik di rumah tangga maupun lingkungan sekitar sebagai salah satu cara pencegahan penularan virus Corona”, pungkasnya. (tris/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan