Pemdes Mungli Sosialisasi Pemulangan Warga Perantauan

Bersama Puskesmas Kalitengah dan Jajaran Forkopimcam, Pemdes Mungli menggelar sosialisasi pemulangan warga perantauan, Jumat (27/03).

KILASMETRO|LAMONGAN – Masyarakat Kabupaten Lamongan, Jawa Timur telah dikenal sebagai perantau. Hal itu dilakukan mereka untuk merubah nasib dengan berdagang membuka warung makanan.   

Dari sekian perantauan tersebut, warga Desa Mungli juga ada yang merubah nasib mereka di luar kota Lamongan. Dan tak sedikit yang berkeinginan untuk pulang agar bisa kumpul sanak saudara di kampung halaman.

Oleh karena itu Pemerintah Desa (Pemdes) Mungli bersama Puskesmas Kalitengah dan jajaran forkopimcam menggelar sosialisasi terkait pemulangan warga rantauan, Jumat (27/03), mengingat semakin ganasnya virus corona atau covid-19.

“Dalam menerima pemulangan keluarga kita yang pulang dari perantauan itu ada prosedurnya. Untuk langkah awal kedatangan mereka kita anjurkan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas”, kata Kepala Puskesmas Kalitengah dr. Moh.Mazumi saat memberikan sosialisasi.

Kemudian, sambung dr. Moh.Mazumi, baik warga yang datang maupun keluarga yang ada di kampung diberikan edukasi di Puskesmas. “Setelah diperiksa kita kembalikan ke keluarganya. Dan mereka juga di himbau untuk mengisolasi diri, istirahat dan makan makanan yang sehat di rumahnya. Hal ini untuk mengantisipasi dan memutus rantai penyebaran virus yang sudah membunuh puluhan warga negara Indonesia”, terangnya.

Sementara, Kepala Desa (Kades) Mungli Sutrisno, mengatakan adanya sosialisasi terkait pemulangan warga desa yang merantau di luar Kota Lamongan sangat penting di tengah ganasnya virus corona.  

“Meski di desa sudah screening of covid-19 atau bilik sterilisasi, tapi semua warga perantauan yang hendak pulang kampung tetap harus mengikuti prosedur dan atau anjuran pemerintah pusat maupun daerah”, ujar Sutrisno.   

Mari sama-sama saling menjaga kesehatan, lanjut Kades Mungli, agar virus yang sudah mewabah di ratusan negara tersebut tidak sampai menjangkit salah satu warga Lamongan khususnya Desa Mungli.

“Memang rencananya ada 6 (enam) warga kami yang akan pulang dari perantauannya di Kalimantan. Apapun yang terjadi sudah kita persiapkan secara prosedur. Dan kita juga sudah melaporkan hal ini ke Call Center atau Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Kalitengah untuk di teruskan ke Lamongan”,tegasnya. 

Diwaktu yang sama, Camat Kalitengah Sujirman Sholeh, menyampaikan penyebaran virus corona hingga saat ini menjadi momok yang sangat menakutkan karena di ratusan negara seluruh dunia termasuk di Indonesia mengalaminya.

“Karena itulah yang membuat berbagai kalangan melakukan sosialisasi antisipasi penyebaran virus corona hingga tingkat desa. Dan kami harapkan seluruh warga melaksanakan pola hidup bersih dan sehat yakni dengan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah beraktifitas. Dan sebisa mungkin menghindari tempat-tempat keramaian dan kontak langsung dengan orang. Kecuali kegiatan yang dianggap penting”, jelas Sudjirman.  (tris/huda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan