Pemdes Wangunrejo Berikan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19

Bersama elemen masyarakat dan Babinsa setempat, Pemerintah Desa Wangunrejo menggelar sosialisasi pencegahan covid-19, Rabu (08/04).

KILASMETRO|LAMONGAN – Pemerintah Desa Wangunrejo, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan memberikan himbauan agar tidak mengalami kecemasan atau kepanikan diluar nalar.

Sosialiasi yang digelasr di kantor Desa Wangunrejo dihadiri aparat pemdes, Babinsa Koramil Turi, dan elemen masyarakat yakni, BPD, tokoh masyarakat dan karang taruna.

Kepala Desa (Kades) Wangurejo Wahyu Eko, mengatakan pentingnya sosialisasi dan himbauan ini dilakukan agar masyarakatnya  dapat memahami dan tidak cemas terhadap kabar meluas tentang virus corona. 

“Sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat.  Dan tidak hanya pemerintah desa saja tetapi masyarakat juga harus mengambil peran untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia, khususnya di desa Wangunrejo ini”, kata Kades Wahyu Eko dihadapan warga setempat yang duduk berjarak satu meter, Rabu (08/04).

Wahyu Eko menjelaskan, peranan dan langkah kongkrit semua pihak untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus yang sudah menghebohkan ratusan negara di dunia tersebut sangat penting agar masyarakat tidak mudah cemas dengan adanya pandemik virus corona.

“Sebenarnya Covid-19 dapat dicegah mulai dari diri kita dengan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan cara CPTS (Cuci Tangan Pakai Sabun) setelah beraktifitas di luar maupun di dalam rumah”, jelasnya.

Langkah tersebut, lanjut Kades Wangunrejo,  adalah salah satu upaya yang perlu dilakukan sebagai bentuk preventif terhadap penyebaran virus corona yakni mencuci tangan dengan alir mengalir menggunakan sabun sebelum menyentuh makanan.

“Jaga kebersihan masjid/meshola dengan tidak menggelar karpet dan membawa sajadah masing masing dari rumah. Hindari untuk bepergian di tempat keramaian. Jika ada keluarga dengan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak, demam 38°c segera periksakan ke Dokter atau Puskesmas terdekat”, himbaunya.

Sementara, Ketua BPD Wangunrejo, Suyatno mengatakan agar masyarakat untuk tetap tenang tapi waspada terhadap penyebaran Covid-19 ini. “Jangan sampai kepedulian sosial dihalangi oleh sikap individualistis demi terhindar dari virus corona. Justru dengan kebersamaan tekat bisa menjadi perekat terhadap masyarakat untuk bersama-sama mengatasi persoalan corona ini”, terangnya.

Disisi lain, Suyatno selaku perangkat desa menyampaikan, bahwa para aktifis pendamping desa juga bisa menjadi agen penyadaran masyarakat akan pentingya pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kepedulian masyarakat saat ini sangat dibutuhkan dalam menanggulangi corona. Kita pemerintah desa selalu lakukan sosialisasi kepada masyrakat agar hidup sehat dan menjalankan anjuran cuci tangan dengan air mengalir tidak melakukan kegiatan bergerombol”, tandasnya. (tris/koko).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan