Pasien PDP Meninggal Dunia, Anggota Koramil 0812/22 Glagah Bantu Pemakaman Jenazahnya Sesuai Protokol Covid-19

Proses pemakaman jenazah, pasien PDP yang meninggal dunia karena sakit jantung. Anggota Koramil 0812/22 Glagah bahu-membahu turut membantu.

KILASMETRO|LAMONGAN – Dua orang anggota Koramil  0812/ 22 Glagah jajaran Kodim 0812/Lamongan turun langsung membantu proses pemakaman pasien PDP yang meninggal dunia.  

Pasien tersebut bernama Sun’an (62), warga Dusun Margorukun, Desa Margoanyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan dimakamkan di TPU Dusun Margorukun dikarenakan mempunyai riwayat sakit jantung.

Pemakaman dilaksanakan oleh petugas gabungan dari Tim Kesehatan RSUD Dr Soegiri Lamongan bersama dengan anggota Koramil 0812/22 Glagah jajaran Kodim 0812/Lamongan, yakni dengan menggunakan prosedur pemakaman penanganan Covid-19.

Dalam kondisi sekarang ini, setiap masyarakat yang meninggal dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dilakukan dengan prosedur pemakaman khusus, meskipun belum terkonfirmasi positif virus Corona.

Salah seorang anggota Koramil 0812/22 Glagah Sertu Sumartono mengatakan, dirinya bersama dengan anggota yang terlibat pemakaman warga yang meninggal dunia menggunakan protokol Covid-19 sesuai SOP pemakaman jenazah pasien penderita Covid-19.

Persiapan sebelum membantu proses pemakaman.

“Perlu kesiapan dan drill untuk melaksanakan pemakaman dengan menggunakan protokol Covid-19, karena mengangkat dan memasukkan jenazah ke liang lahat dilaksanakan dengan mengenakan APD (Alat pelindung diri) yang dilengkapi dengan masker, sarung tangan, pelindung wajah dan sepatu boot. Tentunya lebih terasa panas, dan sesak dikarenakan oksigen yang masuk agak kurang,” tutur Serda Sumartono saat didampingi Serda Agung.

Meski begitu, dirinya bersama anggota lain yang terlibat tetap semangat dalam melaksanakan tugas tersebut seraya berharap pandemi Covid-19 ini segera berlalu.

Ditempat terpisah, Dandim 0812 Lamongan, Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han mengatakan, bahwa personil jajaran Kodim 0812 Lamongan yang ikut membantu proses pemakaman tersebut sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan dari Dinas Kesehatan setempat tentang tata cara pemakaman sesuai protokol Covid-19.

“Kodim 0812 Lamongan yang tergabung dalam gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, akan berusaha maksimal bersama-sama Pemkab Lamongan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Soto”, ujarnya. Minggu (07/06/2020). (adi).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan