Menuju New Normal, Pemkab Lamongan Gelar Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Bupati Fadeli didampingi Dandim 0812/ Letkol Inf. Sidik Wiyono dan Kapolres Lamongan AKBP Harun membagikan masker kepada pengguna jalan.

KILASMETRO|LAMONGAN – Dalam rangka menuju new normal, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Lamongan melakukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan, Rabu (10/6). dengan membagikan masker dan sembako di beberapa tempat, antara lain Jln.  Veteran (depan kantor Samsat) dan Kampung Tangguh Desa Tanggap Covid-19, Desa Sidorejo Kecamatan Deket dan Desa Soko Kecamatan Glagah.

Bupati Lamongan Fadeli, didampingi Kapolres Lamongan AKBP Harun, Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono dan jajaran GTPPC Lamongan membagikan masker dan sembako  secara langsung kepada masyarakat, yakni sebanyak 2000 masker dan 250 pekat sembako.

Saat ini Lamongan  tengah mempersiapkan diri untuk menuju kehidupan normal baru. dengan terus mengkaji kebijakan-kebijakan dalam pelonggaran berbagai tempat/fasilitas umum, seperti Alun-alun Kota.

Bupati Fadeli memberikan sembako.

“Beberapa tempat mulai kita buka, ini bertahap, dalam setiap minggunya nanti akan kita evaluasi sampai benar-benar siap dan mampu menjadi normal baru”, ungkap Bupati Fadeli.

Menurut Fadeli, pendisiplinan masyarakat ini sangat penting. Ada tiga hal penting yang harus benar-benar dilakukan masyarakat Lamongan sebagai bentuk pendisiplinan diri, yakni dengan menggunakan masker pada saat keluar rumah, membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, serta melakukan physical distancing (jaga jarak).

Selain itu, Bupati Fadeli juga mengajak masyarakat untuk dapat hidup bergotong-royong saling berbagi dan membantu sesama. “Saya berharap  tidak penambahan  pasien positif di Kabupaten Lamongan, yang sudah ada positif satu atau dua di satu desa, saya harapkan dapat segera pulih, Dan kuncinya kita harus disiplin protokol kesehatan dan saling bergotong-royong menguatkan”, harap Fadeli.

Sementara, Dandim 0812/Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono, S.H., M.Tr.Han menjelaskan bahwa virus corona atau Covid-19 adalah virus yang menyebabkan sakit namun bisa di sembuhkan. Untuk itu tidak perlu khawatir atau panik.  

“Masyarakat Lamongan sudah banyak yang sembuh dari virus corona. Bahkan mereka sudah tidak bisa terjangkit lagi atau kebal. Saat ini yang terpenting harus jaga kesehatan, istirahat yang cukup, jaga makanan, berjemur diri biar tubuh kena panas agar virus Corona menjauh dari kita”, ujar Letkol Inf Sidik Wiyono.

Bupati Fadeli didampingi Dandim 0812 dan Kapolres Lamongan.

Selain itu, lanjut Dandim Lamongan, jangan terlalu stres dan harus hadapi kondisi saat ini dengan tenang gembira supaya ketahanan tubuh tetap tinggi. “Semoga Desa Sugihwaras,  masyarakatnya waras (sehat) semua dan sugih (kaya) selain kaya materi juga kaya akan sehat”, ucapnya.

Di sisi lain, Kapolres Lamongan, AKBP Harun mengatakan, upaya mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan juga akan digelar petugas gabungan TNI- Polri-Pemkab  di seluruh kecamatan di Lamongan.

“Dan bila ditemukan pengguna jalan yang tidak mengenakan masker, maka ditegur dengan cara humanis”, papar AKBP Harun.

Dalam kegiatan mendisiplinkan protokol kesehatan tersebut juga dilakukan pembagian paket sembako kepada lapisan masyarakat yang terdampak Covid-19 dari segi ekonomi. (adi).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan