PRC Indonesia : Strategi Memenangi Pemilihan Berbasis Survei

Muhammad Firdaus, S.Ip, M.Ip, Peneliti dan Consultant Political Research Center (PRC) Indonesia.

EFISIENSI DALAM MANAJEMEN PEMENANGAN PILKADA tanpa pemetaan politik dan penentuan target pemilih yang diprioritaskan hanya akan berujung pada pemborosan sumber daya calon kepala daerah. Mulai dari sumber daya keuangan, waktu, dan personel.

Semakin besar ukuran populasi akan semakin luas sebaran populasi. Semakin heterogen populasinya akan semakin penting dan mendesak pula kebutuhan pemetaan politik dan menentukan target pemilih, pemetaan politik berkaitan dengan isi dan format pesan kampanye yang hendak disampaikan ke pemilih. Percuma belaka jika calon kepala daerah dan tim sukses merancang dan membuat strategi kampanye tanpa mengetahui target pemilihnya.

Survei Opini Publik bersifat wajib dalam setiap perumusan strategi pemenangan electoral bagi calon kepala daerah. Sebab, analisis demografis yang memilah pemilih dalam berbagai pengelompokan sosial menjadi strategi penentuan target pemilih, karakteristik demografi didasarkan pada sejumlah kriteria mulai dari jenis kelamin, usia, suku, agama, ormas islam, tingkat pendidikan, tempat tinggal, jenis pekerjaan, dan tingkat penghasilan.

Data demografi adalah jantung pemenangan calon kepala daerah, pemetaan atau pengelompokan, perhitungan jumlah populasi tingkat kehadiran akan menjadi basis pendataan administrasi dan perencanaan logistik bagi calon kepala daerah.

Tanpa data komposisi demografi pemilih akan terjadi pemborosan dana karena tidak dapat mengidentifikasi target kampanye secara efisien. Calon kepala daerah akan gagal menggali isu-isu permasalahan sosial yang dihadapi berbagai kelompok masyarakat. Tanpa data-data tersebut, mustahil bagi mereka merumuskan kebijakan spesifik yang sesuai untuk disuguhkan kepada pemilih yang akan memberikan suara dalam pilkada.

Selanjutnya, survei berperan penting dalam memotret perkembangan tingkat popularitas, liketabilitas, akseptabilitas dan elektabiltas terhadap calon kepala daerah.

Parameter survey menjadi factor yang sangat menentukan, artinya yang dikenal, disukai, dan dipilih oleh public menjadi indicator penting dengan tidak mengabaikan masing-masing bakal calon kepala daerah. Langka survey ini sangat dirasa penting oleh para calon kepala daerah untuk mengetahui perilaku pemilih dalam pemilihan kepala daerah.

Hasil survei yang memberikan kondisi terkini situasi yang akan dihadapi seorang calon kepala daerah dengan berbagai macam permasalahannya. Ibarat seseorang yang akan menuju ke sebuah lokasi yang akan menjadi tujuan akhirnya, maka survei ini akan berfungsi menjadi sebuah peta perjalanan, dimana seseorang tersebut akan sangat membutuhkan informasi mengenai rute jalan pintas, kondisi jalan, rambu-rambu, rintangan, dan sebagainya. Pemetaan ini dibuat dengan tujuan supaya yang menggunakannya tidak akan tersesat, sehingga memangkas waktu dan biaya.

Survei pemetaan politik sangat dibutuhkan bagi seorang kandidat yang ingin memulai suatu proses perjalanan politik untuk dapat mencapai harapannya secara efektif dan efisien.

Output yang dihasilkan oleh survei adalah membuat rekomendasi bagaimana cara membuat program dan strategi pemenangan menjadi lebih tepat, efektif, efisien dan elegan.

Metode yang digunakan dalam survei adalah multi stage random sampling atau metode sampel jenjang acak bertingkat. Kisaran sampel atau responden yang diperlukan antara 450 s/d 1250 responden, menggunakan metode wawancara tatap muka secara langsung terhadap responden dan didukung dengan kontrol pengawasan yang ketat atau quality control terhadap data yang didapat, sehingga data yang dihasilkan sangat valid dan akurat sesuai dengan margin of error.

Dari gambar mengenai sebagian contoh output atau hasil dari sebuah survei, maka dapat digambarkan begitu pentingnya sebuah survei harus dilakukan oleh para kontestan pemilihan kepala daerah.

Jika dari hasil survei saja bisa menggambarkan cara-cara memenangkan seorang kandidat, dilihat dari karakteristik pemilih, basis masa, dan lain sebagainya, maka peran dan tugas sebuah tim pemenangan (tim sukses) akan semakin mudah. Ibarat sebuah kitab sakti yang berisi jurus-jurus mematikan, maka hasil survei ini pun sama fungsinya yaitu sebagai sebuah kitab sakti yang mempunyai jurus-jurus maupun strategi-strategi maut yang akan memenangkan penggunanya.

Jika anda berminat ataupun sekedar bertanya mengenai seluk beluk dari survei politik ini, maka jangan sungkan dan ragu untuk segera menghubungi kontak kami 0812 6144 5812. Kami sangat berpengalaman mengenai hal ini. Pastikan anda memperoleh informasi yang benar seputar program survei politik ini.

Artikel : Muhammad Firdaus, S.Ip, M.Ip

   Peneliti dan Consultant    

Political Research Center ( PRC ) Indonesia

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan