“Semarak HUT RI Ke-75”, Pemdes Pucangro Gelar Lomba Kebersihan Dan Keindahan Lingkungan

Sejumlah Tim Juri yang sedang menilai salah satu RT di Desa Pucangro, Kecamatan Kalitengah, Lamongan dalam rangka lomba kebersihan dan keindahan HUT RI ke-75.

KILASMETRO|LAMONGAN – Pandemi Covid-19 tidak melunturkan semangat warga Desa Pucangro, Kecamatan Kalitengah, Lamongan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 di tahun 2020 ini.

Semangat itu dibuktikan ada Lomba Kebersihan dan Keindahan Lingkungan yang diselenggarakan Pemerintah Desa Pucangro dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-75, Idul Adha dan menjelang 1 Muharram 1442 Hijriyah.

“Diadakannya lomba ini dengan tujuan untuk menyemarakan dan memotivasi warga selama empat bulan terakhir adanya pandemi Covid-19 ini”, ujar Kepala Desa Pucangro Zuli Kusmawanto, S.IP, M.IP, Selasa (18/08).

Selain itu, kata Zuli, lomba ini diselenggarakan juga dengan tujuan agar warga Desa Pucangro tidak monoton, sehingga semarak gotong royong dan kebersamaan bisa terwujud.

“Dengan lomba hias di 14 RT (rukun tetangga), kami berharap setiap lingkungan yang ada di Desa Pucangro ini bisa kelihatan bersih, indah dan rapi”, ucapnya.

Untuk memberikan motivasi dan semangat bagi warga desa, dia akan menggagendakan setiap tahunnya kegiatan yang sifatnya gotong-royong dan kebersamaan.

“Ya, intinya seperti lomba kebersihan yang saat ini kami selenggarakan”, akunya.

Sementara itu, Rosi salah satu warga Desa Pucangro merasa senang adanya lomba kebersihan dan keindahan lingkungan yang diselenggarakan pemerintah desa.

“Ada lomba seperti ini, masyarakat semakin guyup dan semakin rajin bersih-bersihnya. Semoga kedepannya semakin baik lagi banyak inspirasi lomba seperti ini. Lebih kreatif lagi untuk mengolah sampah menjadi hiasan-hiasan”, akunya.

Mengenai biaya yang dikeluarkan untuk lomba ini, Rosi menjelaskan, masing-masing RT tidak mendapatkan swadaya dari pemerintah desa.

“Ini murni swadaya warga di masing-masing RT. Kalau menang sich, pastinya kami berharap bisa meraih juara utama. Andainya nanti nggak dapat hadiah. Kami sudah senang dan bangga karena lingkungan di sekitar bisa bersih dan rapi”, tuturnya.

Disisi lain, Syaifuddin salah satu Tim Juri menjelaskan, ada beberapa kategori sebagai aspek penilaian dalam Lomba Kebersihan dan Keindahan Lingkungan masing-masing RT di Desa Pucangro.

“Kategori yang masuk dalam penilaian kami untuk mendapatkan hadiah utama seekor kambing dan Trophy dari Kepala Desa Pucangro yakni, kebersihan, ketertiban, penghijauan, keindahan dan keagamaan”, tegasnya. (tris/nanda).

Bagikan melalui :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •   
  •   
  •   
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan